cara memasukkan video format FLV kedalam Macromedia Flash

Langsung aja…yah…mlz crita nie…
1. Buka Macromedia Flash (penulis menggunakan Macromedia Flash 8), pilih File, New, Flash Document untuk membuat dokumen flash yang baru.
2. Setelah itu pilih File, Import, Import Video untuk memasukkan video kedalam flash

3. Akan tampil tampilan Select Video pilih pilihan pertama yaituOn your computer lalu untuk memasukkan video kita tinggal tekan tombol Browse dan pilih file video yang diinginkan.

Setelah kita memilih video yang diinginkan, tekan tombol Next.

4. Akan tampil tampilan Deployment untuk memilih jenis-jenis deployment yang diinginkan, pada tampilan ini pilih saja jenis deployment yang kedua.

Setelah itu klik tombol Next.
5. Selanjutnya tampil tampilan untuk Skinning, pilih sembarangskin yang anda suka namun harap diperhatikan sebaiknya pilihskin dengan jenis over agar navigasi video dapat tetap terlihat pada saat file flash tersebut telah dipublish.

Setelah itu tekan tombol next kemudian tekan tombol finish.
6. Anda akan diminta untuk menyimpan file flash tersebut, simpan dengan nama sembarang (misalnya Video1.fla) kemudian tekanOK.
Harus anda ingat file video (.flv) dan file project flash kita (.fla) HARUS TERLETAK PADA SATU FOLDER YANG SAMA ATAU FLASH KITA TIDAK AKAN DAPAT MENJALANKAN VIDEO TERSEBUT

Seperti anda lihat pada gambar dibawah ini tampilan video kita telah masuk kedalam lembar kerja (stage) dari flash, namun ukuran video kita belumlah sama dengan ukuran stage yang terdapat pada flash. Masih terdapat beberapa space kosong yang berwarna putih didalam stage.

Untuk mengetahui ukuran besarnya video maka caranya adalah klik sekali pada object video, lalu lihat pada bagian properti yang terletak di sebelah bawah, akan terdapat ukuran panjang (width)dan lebar (height) dari video (biasanya 320 x 240). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar disamping ini!
Langkah selanjutnya untuk menyamakan besarnya stage dengan besarnya video caranya adalah dengan klik kanan pada area lembar kerja (stage) yang masih kosong atau dengan memilih menu Modify, Document atau dengan shortcut key ctrl + j.Maka selanjutnya akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini.

Pada bagian Dimensions ubah width dan heightnya sesuai dengan ukuran video yang ada (misalnya 320 dan 240). Setelah itu ubah Background color menjadi berwarna hitam. TekanOK.
Selanjutnya geser video sedemikian agar tampilannya menjadi pas dan sesuai dengan lembar kerja (stage).
7. Setelah video dimasukkan kedalam lembar kerja kita, maka langkah berikutnya kita harus mempublish file flash kita agar menjadi format swf. sehingga dapat kita jalankan atau dimasukkan kedalam Powerpoint atau Frontpage. Caranya adalah dengan memilih menu File, Publish Settings kemudian beri tandacheck pada pilihan Flash (.swf) tekan tombol Publish, tunggubeberapa saat lalu klik OK untuk kembali ke dokumen utama.

8. Simpan file anda, kemudian jalankan file flash anda yang berformat .swf melalui Windows Explorer.
Video anda yang berformat FLV pun sudah dapat dijalankan..!!!!

Catatan :
Untuk pengerjaan Tugas Akhir, pastikan file video (format FLV) dan file flash (.fla dan .swf) berada DALAM FOLDER YANG SAMA!!!

DIPOSKAN OLEH AGUS NURYANTO

About Munawir Muhammad

Hidup ini perjuangan untuk mencari bekal kedepan rahmat didahulukan dari cobaan

Posted on 23/09/2012, in Video. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • %d blogger menyukai ini: