10 Temuan Steve Jobs Yang Mengubah Dunia


Steve Jobs sang pendiri Appel Incorporation adalah legenda teknologi. Pria bernama lengkap Stephen Paul Jobs ini jatuh bangun bersama Appel. Bahkan Steve Jobs pernah ditendang dari Appel. Berikut adalah 10 temuannya yang mengubah dunia.

1. Desain
Jobs menilai desain sebagai tampilan sebuah produk, rasanya dan tanggapan terhadap spesifikasi baku sebuah produk. Ketika produsen komputer mengejar kecepatan prosesor, Jobs dengan cerdik menampilkan desain yang minimalis.

Salah seorang pekerja Apple yang pernah rapat bersama Jobs mengenang, bosnya pernah merenungkan daya tarik Mini Coopers. “Dia akhirnya memutuskan Mini Coopers menarik karena bentuknya kecil,” ucapannya.
Dari perenungan itu Jobs kemudian memutuskan Apple harus menggunakan logam supaya memperoleh bentuk kecil yang menarik. Waktu itu, produk komputer pada umumnya menggunakan plastik sebagai pembungkus.

Keputusan ini akhirnya terbayar. Logam titanium aluminium yang digunakan untuk membungkus komputer jinjing Apple benar-benar laris. Produk MacBook Air menjadi salah satu contoh dari perpaduan antara desain, harga dan kinerja.

2. Musik
Di millenium baru, ada pergeseran cepat tentang pengiriman konten digital. Sayangnya, pengiriman musik dari produser terganggu karena ada pengunduhan musik secara ilegal seperti melalui Napster.
Apple melihat peluang ini dengan meluncurkan iTunes pada 2003. iTunes merupakan layanan konten digital untuk pengguna musik dengan mengintegrasikan dengan pengguna iPod.

Saat ini, iTunes merupakan pengecer musik online terbesar di dunia. Jumlah pengguna yang terdaftar mencapai 200 juta. Penggunanya telah mengunduh 15 miliar lagu.

3. Komputer personal
Jobs dan temannya Steve Wozniak telah membantu mempopulerkan komputer personal dengan menemukan Apple II. Apple II merupakan komputerb berbasis 8 bit yang diproduksi secara massal.

Komputer ini merupakan salah satu produk paling sukses pada era 1980-an. Komputer ini merevolusi bagaimana cara orang bekerja.

Sejak saat itu, penjualan komputer buatan Apple seperti Mac terus melambung. Faktanya, penjualan per September lalu mencapai lebih 4,4 juta hingga 4,6 juta unit. Ini sebuah rekor baru.

4. Pasca era personal komputer
Jobs bukan hanya merevolusi komputer personal saja. Dia juga memperkenalkan komputer tablet yang diberi nama iPad.

Melalui iPad, pekerjaan Jobs dan Apple terlihat sangat mengagumkan. Banyak perusahaan lain yang iri dengan kehadiran iPad. Komputer tablet dengan layar sentuh ini ini mempunyai sistem operasional yang sama dengan iPhone dan harganya rasional. Penjualan iPad hampir mencapai 14,7 juta pada 2010 lalu. Pada kuartal terakhir, penjualannya meledak 183 persen.

5. Iklan
Trik pemasaran yang dilakukan Apple selama bertahun-tahun merupakan yang paling inovatif. Dimulai sejak 1984 silam, ketika beriklan di Super Bowl hingga sutradara film Ridley Scott. Salah satun iklannya adalah siluet orang yang menggunakan iPod.

6. IPhone
Kendati kini mendapatkan pesaing tangguh dari ponsel berbasis Android, Jobs layak memperoleh kredit karena telah mengubah pasar telepon genggam.

iPhone yang diluncurkan 2007 telah menjadi pelopor ponsel cerdas dengan desain yang minimalis, layar sentuh ukuran besar yang responsid dan sistem operasional yang solid.
Jobs turut terlibat dalam setiap perkembangan iPhone. Seorang sumber membisikkan, Apple menghabiskan biaya sebesar 150 juta dolar AS untuk mengembangkan produk ponsel tersebut.

7. Ekosistem
Konsep ekosistem merupakan kontribusi terakhir dari Jobs bagi dunia usaha. Idenya sangat simpel yakni mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak dan pelayanan.
Salah satu contohnya iTunes dimana para pengguna bisa membeli dan mendengarkan jutaan lagu dan album lalu mengunduhnya ke iPod atau iPhone. Saat ini banyak pengusaha meniru langkah ini.

8. Mac OS
Sistem operasi Apple selalu terlihat lebih simpel ketimbang kompetitornya. Dengan membuatnya lebih simpel dan gampang dipakai, Mac OS menjaga reputasinya sebagai sistem operasi yang stabil dan mudah dipakai. Hal ini dianggap sesuatu yang tidak bisa disamai oleh Window selama bertahun-tahun.

9. Apple Stores
Apple mendirikan Apple Stores pertama kali di Tyson Corner. Pendirian toko ritel ini dikecam.
Namun, sepuluh tahun kemudian, sejarah berubah. Apple berhasil membuktikan Apple Store sebagai jaringan ritel yang sukses. Langkah ini kemudian diikuti oleh Microsoft, salah satu pesaing Apple.

Berdasarkan sumber, Jobs dan Apple menyadari perlu menjangkau daerah-daerah tertentu untuk melakukan interaksi dengan konsumen. Interaksi ini untuk memeriksa bagaimana sebuah kamera dan printer bekerja dengan komputer dan menunjukkan demo sebuah produk bagi konsumen.

10. Apple Inc.
Tentunya, kontribusi terbesar Jobs bukan pada ponsel, komputer tablet atau sistem operasi melainkan pada Apple Inc itu sendiri. Sejak dia masuk kembali pada 1997, Jobs telah membangun sebuah perusahaan teknologi informasi yang sangat berharga. Perusahaan itu telah melampaui pesaingnya seperti Microsoft dan Hewlet Packard.

Salah satu contohnya adalah pembangunan gedung baru Apple. Kantor pusat Apple ini memiliki luas sebesar 2,8 juta kaki per segi dengan 300.000 meter per segi untuk fasilitas penelitian. Selain itu, kantor tersebut memiliki auditorium berkapasitas 1.000 kursi dan parkir bawah tanah. “Saya pikir kami memiliki kesempatan membangun gedung kantor terbaik di dunia,” katanya.

About Munawir Muhammad

Hidup ini perjuangan untuk mencari bekal kedepan rahmat didahulukan dari cobaan

Posted on 06/02/2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • %d blogger menyukai ini: